Saturday, December 30, 2017

MAKRIFAT* *SEMBILAN AMALAN*

MAKRIFAT*
*SEMBILAN AMALAN*
Ikuti tautan ini untuk bergabung ke grup WhatsApp saya: https://chat.whatsapp.com/5IxBFzz7sqC4oRtHk7GsbA
Mujiz Tosa
Moch Djamhar Abdul Karim :
=================
*MAKRIFAT*
*SEMBILAN AMALAN*
=================
*Menurut Saya ini Penting

Saudara-saudariKu,
"Menurut dikitab Makrifatnya Syekh Ibnul Arobi Rohimahulloh Hal 67-68, Ia Berkata : *"diharuskan bagi Para Murid Bidayatuth Thoriiq (Pemula) agar Memiliki 5 Amalan Bathin dan 4 Amalan Zhohir shg Berjumlah 9 Amalan, yg mana Amalan ini harus dilakukan Secara Istimroriyyah or Kontinyunitas or Istiqomah Terus Menerus".*

*Lima Amalan Bathin* Itu diantaranya adalah ;
1. *AS-SHIDIQ* : Bersikap Jujur Apa Adanya baik didalam Hati dan Pikiran serta Lisannya.
2. *TAWWAKAL 'ALALLOH* :  Atas Apapun yg dikerjakan dan Apapun Hasilnya.
3. *ASH-SHOBR* : Baik didalam Semua Situasi dan Keadaan.
4. *AL-'AZIIMAH* : Memiliki Kemulyaan Diri (Hati) dgn Melakukan Ketaatan-ketaatan.
5. *AL-YAQIN* : Kepada Alloh SWT Ketika Beribadah maupun diluar Ibadahnya didalam Aktivitas Sehari-hari.

Sedangkan *Empat Amalan Zhohir* itu diantaranya adalah :
1. *AL-JU'* : Sering Berlapar-lapar agar Cepat Kondusif Hawa Nafsunya sebab Hawa Nafsu bisa direndam melalui Kelaparan dan Kehausan. Bagaimana Bisa Hawa Nafsu itu diredam sedangkan Setiap Harinya diberikan Makanan Hawa dan Nafsu, Setiap Adab Keinginan dipenuhi, setiap Ada Hajat diusahakan, setiap Panggilan Nafsu diambisikan shg Walaupun Rajin Tirakatnya maka sama saja Membangun tapi Meruntuhkan Kembali.
2. *AS-SAHR* : Melek dimalam Hari sebab dgn Melek dimalam Hari maka Ia akan Isi Malam-malamnya itu dgn Bertaqorrub Ilalloh. Taqorrub Ilalloh yg Paling Tepat Adalah Ibadah Apapun yg Mana Takala Kita Melakukannya Itu Bisa sampai Khusus dan Tiap-tiap Kita Ini Beda-beda Kesukaan didalam Beribadahnya. Ada yg Khusu' Sholatnya, Ada yg Khusu' Dzikirnya, Ada yg Khusu' Baca Qurannya, Puasanya, Shodaqohnya d.l.l. Maka Acuannya itu Adalah Ikhlas dan Khusu'nya Ibadah Bukan dari Macam-macamnya Ibadah.
3. *ASH-SHOMIT* : Selalu Perbanyak Diam dilisan shg Lebih Baik Banyak Dzikrulloh Baik dihati, dipikiran maupun disemua Inderawi dan Ibadah Lainnya daripada Banyak Ucapan yg Kurang Manfaat sebab Banyak Bicara akan Cepat Mengeraskan Qolbu sedangkan Murid Pemula itu Qolbunya masih Rentan Labil. Itulah Hikmah dari *"Qoshus Syaribi, Memotong Kumis"*, yaitu Potonglah Kumis Batin Kalian Pabila sudah Melewati Teritorial Bibir Artinya Jangan Banyak Bicara yg ndak Manfaat dan Banyak Madhorotnya.
4. *AL-'UZLAH* : Selalu Menyepi dan Menyendiri shg harus Sering-sering Mengasingkan Diri Pabila ada Kesempatan dibarengi dgn Dzikir "Laa IlaaHa Ilalloh" dgn Suara dikeraskan agar diperbanyak. Isilah Uzlah Kalian itu di Goa-goa Rumah or Tempat yg Tepat Tuk Mengkoreksi Diri shg Semakin Tepat Koreksi Dirinya maka akan Tepat pula didalam Memperbaiki Dirinya lalu Menyempurnakan Diri. Apalagi bagi Kalian yg didalam Kehidupannya selalu Bergelimang dgn Urusan Duniawi maka Pastinya Banyak Sampah-sampah or Negatif-negatif Duniawi itu yg Berhasil Masuk dan Bersemayam didalam Diri Kalian Khususnya Otak, Hati dan Inderawi".

============
"Apabila Semua Jalan Thareqat dikumpulkan (Jenis Thareqat Apapun) maka Pasti akan Merekomendasikan bahkan Mewajibkan bagi Para Murid Bidayatuth Thoriq ini Tuk Mudawamah Mengerjakan Amalan-Amalan Zhohir maupun Amalan-amalan Bathin spt diatas ini. Sedangkan Suluukuth Thoriiq (Perjalanan) Kpd Alloh SWT ndak akan Bisa Kecuali dgn Taubat yg Sungguh-sungguh, Menjauhkan Makanan yg Mengandung Hawa Nafsu dan Syahwat, Istiqomah di Thoriiqul Haq (Jalan yg Haq) dgn Cara Mujahadah (Tirakat), Taat dan Ikhlas Ketika Beramal".

*Semoga dapat difahami lalu Sedikit-sedikit Kita Amalkan.

No comments: