Tuesday, April 9, 2013

RENUNGAN BERSAMA MOHON DIBACA

Ustadz Chos'i adalah seorang pengajar di sebuah pesantren, beliau sangat peduli dengan kebersihan sampai-sampai sampah dalam wc pun beliau ambil kalau tiba waktunya bergerak membersihkan lingkungan. sampai di sini.
Cerita singkat di atas hanya sekedar saja cuman apa hikmahnya kalau membuang sampah dari tempat yang baik dan bersih mungkin semua orang bisa malah biasa tak perlu ustadz/ustadzah tapi kalau membuang sampah di tempat yg kotor seperti cerita di atas apakah semua orang mau? belum tentu kenapa ? karena jijik, kotor, kuman dll Begitulah yang terjadi betapa banyak ustadz/ustadzah yang hanya sibuk dengan komunitasnya dan golongannya, begitu banyak kiayi yang sibuk dengan para santri dan pesantrennya. Kadang ustadz/ustadzah dan kiayi melebihi selebrity popularitasnya tapi apa bukti nyatanya? tak perlu di jawab. Bukankah mendakwahi kebaikan orang yang baik atau dasarnya sudah baik itu lebih gampang daripada mendakwahi orang-orang jauh dari kebaikan, terus kenapa Rasulullah SAW sampai dilempari kotoran, diludah, dihina dicaci maki, diperangi bahkan sampai berdarah-darah jawabannya jelas yang berbuat bukan orang baik dan bukan komunitas dalam kebaikan. pertanyaannya siapa yang mau peduli dengan orang-orang di luar sana yang jauh dari kebaikan ? lantas apakah dibiarkan ? atau tak perlu karena bukan teman atau bukan golongan bukankah Islam rahmatan lilalamin, bukankah ta'muruna bilma'ruf wa tanhauna anilmunkar. Apakah bisa mencegah kemunkaran kalau hanya selalu dilingkungan yg penuh kebaikan ataukah tak perlu bergaul karena jauh dari kebaikan? bukankah baik itu terlihat di antara yang buruk? terus baik dengan yang baik pastilah lebih baik sedangkan yang buruk dengan yang buruk tentu lebih buruk, apakah siburuk ini di buang?
Apa jadinya Rasulullah SAW kalau memilih-milih teman, apa nantinya kalau Rasulullah SAW memilih-milih sahabat, tentunya tidak akan pernah ada Umar Alfaruq ra sibejat yg taubat terus mendapat pangkat dan derajat yg tinggi, takkan ada Bilal bin Rabah budak hitam yang suara terompahnya terdengar oleh Rasulullah SAW di surga dan mungkin Islam tak sepopuler saat ini..?
Kita berdakwah bukan tunggu jadi malaikat atau tunggu sempurna baru berdakwah karena ''balighu anniy walaw ayah'' Sampaikanlah dariku (rasulullah SAW) walau hanya satu ayat,,,.
Kalau seorang ustadz mengajarkan kebaikan itu biasa karena memang tugas dan kewajibannya malah berdosa kalau tidak berbuat apa-apa tapi kalau orang biasa yang mengajak ke kebaikan itu luar biasa . Rasulullah SAW adalah adalah seorang yatim piatu artinya bukan orang berada dan tidak bisa membaca artinya tidak ada pendidikan formal tapi Rasulullah SAW adalah seorang imam para nabi dan rasul, imam masjid, imam di masyrakat, imam di medan perang, imam di baitulmal, imam di rumah tangga, imam di dunia dll maka pantaslah Rasulullah SAW dimasukkan tokoh no 1 dunia dan semoga salawat dan salam selalu tercurah kepada Rasulullah SAW.

No comments: