Saturday, February 17, 2018

SYAHADAT DAGANG

SYAHADAT DAGANG

Assalamualaikum

Salam di hatimu dan hormatku untuk semua, seperti tulisanku di grup, saya ingin share sebuah keilmuan dengan kaji yg bersumber dari Al Qur'an.. Sebuah keilmuan varian syahadat tapi syahadat ini lebih spesifik kepada yg berprofesi sebagai pedagang.

Pedagang adalah salah satu profesi Rasulullah, bahkan sampai dinobatkan sebagai Al Amin karena sifat amanah dan kejujuran dalam berniaga.

Allah sendiri memberikan tempat khusus di Al Qur'an bahkan sebagai ayat terpanjang yang ada di dalam Al Quran. 

Ada tersirat bahwasanya profesi berdagang adalah istimewa, bahkan ayat terpanjang itu juga khusus membahas perdagangan, dalam sebuah riwayat juga disebut bahwa

“Hendaklah kalian berdagang karena berdagang merupakan sembilan dari sepuluh pintu rezeki.” Diriwayatkan oleh Ibrahim Al-Harbi dalam Gharib Al-Hadits dari hadits Nu'aim bin 'Abdirrahman.

Dari beberapa keterangan di atas dapat disimpulkan berdagang atau berjualan bisa dijadikan pekerjaan yang layak untuk mencari karunia Allah dengannya. 

Berdagang, berjualan, berniaga, dll bahasa yang masih ada relevansinya dengan konteks.

Pun sejatinya sulit dipisahkan dari kehidupan kita sebagai makhluk sosial dengan profesi berdagang atau berjualan, sebut saja selain para pedagang pada umumnya yg lebih populer disebut, hampir semua profesi juga haqiqatnya juga jualan hanya saja beda bidang atau penamaan.

 Sebut saja dokter bukankah juga jualan jasa keahliannya dalam menganalisa dan mendiagnosa penyakit pasien dan obat sebagai produk dari farmasi, sopir jual jasa keterampilan mengemudi, tukang jual jasa keterampilan dan tenaga dll. 

Dari alasan tersebut maka saya coba ingin berbagi keilmuan syahadat dagang ini yg insya Allah untuk kerezekian dan pelarisan juga yg dapat dijadikan wirid aurad, daripada bengong atau melamun alangkah lebih baiknya berdzikir, pun bukan dengan syahadat ini tidak mengapa karena semua dzikir dan doa itu baik, hanya saja ikhtiar ini sifatnya khusus untuk itu semoga membantu dan membawa manfaat bagi yg mau amalkan dan yaqin juga Istiqomah dgn ilmunya.

Sebagai mana yg kita ketahui bersama Keilmuan yg merupakan varian dari khazanah keilmuan syahadat ini ada lumayan banyak, dalam sebuah postinganku saya pernah tulis khusus tentang macam-macam syahadat , kita sebut juga keilmuan syahadat lain yg juga populer seperti syahadat jati, syahadat gaib, syahadat Rizqi, syahadat Semar, syahadat kaffah, syahadat tunggal, syahadat ruh, syahadat Fatimah, syahadat Sulaiman, syahadat diri, syahadat air dll. Alhamdulillah khazanah keilmuan syahadat itu saya pernah diturunkan dari banyak guru. Mungkin karena adanya adab dalam mendapatkan ilmu tu dari awal dari guru maka saya pun tidak berani membabarkan di umum, termasuk juga Keilmuan syahadat dagang ini.

Mohon dimaklumi sikapku dan rasa penghargaanku terhadap ilmu dan guru.

Khusus untuk syahadat dagang ini ada permintaanku khusus bila ada rezeki dan perubahan, saya tdk pernah minta saya diingat, bahkan boleh dilupakan.. tapi bila ada hasilnya dan diberikan kelimpahan rezeki dari Allah jgn lupakan anak yatim, fakir miskin dll yg krg mampu tu sdh cukup untukku.🙏

Pun saya tidak minta diingat, tapi karena banyaknya pelanggaran etika yg semestinya ilmu itu saya turunkan untuk orang tersebut untuk membantu, mentang2 gratis dan saya mau bantu, malah disebarkan bahkan parahnya diakui milik pribadinya dan dirubah asalnya.

Kadang saya geli dan lucu sendiri ada banyak keilmuan yang saya sangat faham dengan keilmuan itu dan sumber asalnya memang saya yg tulis, lah kok didapatkan dari gurunya, bla bli dll 😁. 

Bahkan ada ilmu yg dari kaji dan pengalaman lapanganku juga kumix ilmu itu dari kajian tadi, pun sangat jarang saya tulis ilmu yg tdk original, biasa tidak saya tambahkan dan kurangi dari awal dapat.

Kan tidak lucu ilmu mix diakui dari gurunya, guru siapa ??  

Saya juga suka copas apalagi artikel di luar khazanah keilmuan, tapi biasanya kutulis sumber kecuali memang tiada sumber awal tertulis kudapatkan.

Semua itu atau segala sesuatu itu ada ilmunya.

Yang pintar sedikit bila ingin jadi copasun dan plagiat, mesti faham dulu dan cukup wawasan tentang keilmuan tersebut barulah kalau mau tapi alangkah indahnya dgn kejujuran dan sebut asal sumber biar berkah juga. 

Karena tdk semua ilmu bisa seenaknya dicopas takutnya berefek dan jelas yang paling faham tentang ilmu itu sumber awal, jujur bila terkena saya hal begitu dan ada yg minta tolong maka dengan berat hati dan terpaksa saya tolak seperti yang pernah terjadi sebelumnya padahal saya faham ilmu itu tapi kusuruh ke sumber dapatnya, pun kutahu itu tulisanku awalnya tapi sudah dirubah dan namaku sudah tidak ada. 

Jadi saya tidak marah hanya mengingatkan saja karena sudah sering terjadi kejadian begitu maka tentu mempengaruhi dunia persilatan 😃, semoga dimaklumi dan kita ambil hikmahnya juga pelajaran bersama.

Jadi untuk menjaga originalitas dan amanah ilmu ini saya persilakan untuk japri via wa ke noku 085753960096 Baeinm Jusua.

Saya persilakan untuk yg biasa bermahar seikhlasnya dan yg tidak biasa bermahar atau gratis silakan juga tidak jadi soal. 

Hanya menyesuaikan dengan kebiasaan yang minat bukan mempermasalahkan bermahar atau tidak. 

Dan mohon kesabarannya bila japri saya andai lambat dibalas chattnya. Insya Allah bilaku luang saya balas.

Sekian yang dapat kutulis, mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan diri juga bila bertentangan dengan tingginya ilmu pembaca. Wallahu A'lam makasi dan salam 🙏

No comments: