Wednesday, February 1, 2017

MA'RIFAT SHOLAWAT SHOLALLAHU ALAIHI WASSALAM DAN MA'RIFAT NAMA ALLAH YANG KE 100 DAN BASMALLAH TUA

MA'RIFAT SHOLAWAT SHOLALLAHU ALAIHI WASSALAM


"Innallaha wa malaaikatahu yusholluna 'alannabi ya ayyuhalladzina amanu shollu alaihi wasallimu taslima"

"Sesungguhnya Allah dan para malaikatNya bersholawat kepada Nabi (Muhammad). Wahai orang-orang yang beriman bersholawatlah kamu ke atasnya serta ucapkanlah salam dengan penghormatan kepadanya"
[Al-Ahzab: 56]

Allah Yang Maha Memiliki Alam Semesta ini dan para malaikat Nya bersholawat kepada rasulullah. Allah tidak ikut dalam hal ibadah yang dilakukan manusia seperti sholat,
puasa dll. Namun Allah ikut bersholawat.
Betapa mulianya sholawat ini sampai-sampai Allah satu-satunya ikut berkecimpung dalam hal ibadah dan terjun langsung ikut bersholawat.
Menurutku salah seorang guruku ketika kita berdoa maka doa kita tertahan di langit sampai kita bersholawat. Karena rasulullah adalah diberi keistimewaan untuk menjadi
wasilah dan pemberi syafaat dengan ijin Allah. Pertanyaannya sholawat seperti apakah yang kita baca?.
Bersholawatlah dengan sholawat yang diajarkan kepada kita sesuai dengan yang tersurat dalam nash. Kenapa mesti yang sesuai dengan nash karena masuk dalam hal ibadah maka kita harus ikut Al quran dan Assunah.
Analoginya Allah Raja Manusia memberikan kita kado yang diamanahkan untuk kita sampaikan kepada Rasulullah, maka mestinya kado itu tidak kita "otak-atik" sehingga sanadnya tidak terputus dan sesuai dengan yang dikehendaki Allah dan rasulullah pun menerimanya dengan senang hati karena original kado tadi berasal dari Allah. Seperti itulah ibaratnya mungkin ada saja karena ilmunya yang sangat tinggi dengan niat dan maksud agar lebih indah, lebih baik, dll. Maka kado tadi dihiasilah, atau isinya dibuka dan ditambah dengan hal lain dengan maksud agar lebih indah. dll. Kado tadi sudah tidak original lagi.
Anologi lain Allah memberikan peta menuju ke rasulullah kepada kita, peta itu adalah jalan lurus agar kita sampai kepada rasulullah. Tapi karena tinggi ilmunya kita maka ditambah lagi peta tadi dengan gang, jalan tikus dll. Mungkin bisa jadi kita sampai?. Karena banyak jalan menuju roma, tapi dalam hal ibadah itu jadi lain karena ibadah adalah baku harus ada tuntunan dari Alquran dan Assunah. Ya kalau jalan yang ditambah dan dirubah tadi sampai kalau nabrak, buntu, nyasar dll jadi dalam ibadah ikutilah yang sesuai dengan nash karena jalan itu sudah lurus beda hal dengan muamalah atau hal di luar ibadah.
Saya yakin pembaca belajar ushuluddin yang menyebutkan bahwasanya semua hal dalam peribadatan itu adalah awalnya haram sampai ada perintah Allah dan rasulNya menghalalkan, lain lagi dengan ushul fiqh yang kebalikan bila hal konsumsi.
Tulisan ini tidak mengajak debat dan membahas hal lain tapi berhubungan dengan yang saya mau tuliskan tentang sholawat ini.
Sholawat yang saya mau tuliskan ini adalah sholawat yang berbunyi

" SHOLALLAHU ALAIHI WASSALAM
semoga Allah memberikan sholawat dan salam kepadanya"

Selain sholawat lain yang ada juga dalam nash maka sholawat inilah yang termasuk lengkap walau pun pendek. Sanadnya jelas tidak terputus langsung dari rasulullah bahkan bukan hanya dalam hadits namun alquran ayat di atas. Kenapa lengkap? Simaklah ayat di atas Sholawat dan salam, shollu alaihi wasallimu taslima dalam sholawat itu sudah ada ke duanya yaitu sholawat dan salamnya.
Pejamkan mata anda sejenak bersholawatlah dan sampai salam kepada rasulullah dengan hati bukan hanya mulut, rasakan getaran rindu kepada Muhammad rasulullah baca sholallahu itu hu nya panjang karena ha pengganti kata orang ketiga dlomah dalam tajwid dibaca dua harakat. uu . Masukkan dalam hati dan bersholawatlah bersungguh-sungguh lebih baik bila bisa istiqomah semoga kita mendapatkan berkah dalam hidup kita dan syafaat kelak di hari yang tidak ada yang bisa menolong kita tidak oleh orang tua, bukan kekasih dll. yang kita andalkan di dunia tiada semuanya selain syafaat rasulullah dengan ijin Allah.
Saksikanlah olehmu rasulullah Muhammad Sholallahu alaihi wassalam kami umatmu, betapa rindu dan kasih hati ini kepadamu, semoga sholawat dari diri hina ini sampai kepadamu dan engkau jadikan kami golongan umatmu di akhirat kelak. Karena kami kadang ragu dan takut kami keliru memilih karena banyaknya golongan di zaman ini yang merasa dirinya paling benar dan yang punya kebenaran hanya engkaulah rasulullah utusan dari Allah yang membuat kami sampai kepada Allah melalui wasilahmu lewat alquran dan sunnahmu.
Bila ingin ditambah karena dalam beberapa riwayat rasulullah menyuruh bersholawat juga kepada keluarga dan sahabatnya bila bersholawat kepadanya.
maka sholawat itu menjadi

"ALLAHUMMA SHOLLI ALA MUHAMMAD SHOLALLAHU ALAIHI WASSALAM WA ALA ALIHI WA ASHABIHI AJMAIN"

Silahkan cari referensi untuk manfaatnya saya tidak tuliskan apalagi saya bukan pengejar karomah karena istiqomah lebih baik dari 1000 karomah, seandainya ada keistimewaan dan faidah itu adalah bonus dari Allah.
.

MA'RIFAT NAMA ALLAH YANG KE 100 DAN BASMALLAH TUA

Syema yisrael Elohoinu YAHWEH Eloha EHAD

Saya pernah tulis dalam postingan terpisah tentang nama Allah yang ke 100 yaitu nama dzahirnya Ahad yang diamalkan oleh sahabat Bilal, Ahad artinya
Maha Satu-satunya bukan Wahid satu, karena masih ada dua, tiga dst.
Karena ada banyak yang tanya kepadaku saya tuliskan ma'rifatnya untuk sekedar wawasan saja bila nama dzahirnya adalah Ahad yang satu kata tapi maknanya
sudah bertauhid, tidak heran Bilal yang waktu itu belum mengenal Islam dan Allah terus menyebut nama itu sebagai syahadat persaksiannya bahwasanya Tuhan
Maha Esa artinya tauhid yang sudah masuk ke dalam sendi-sendi dirinya.
Begitu pula dengan nama Allah yang ke 100 yang bathin namanya adalah xxx mirip dengan Ahad tadi satu sebutan tapi maknanya sudah tauhid tapi tersirat bukan
tersurat.
Wala sautin wala harfin secara hakikat artinya tidak bersuara dan tidak berhuruf karena memang nama itu tidak tersurat tapi tersirat.
Nama bathin yang artinya tauhid ikhlas dan totalitas yang merasuk ke dalam jiwa bersama nafas.
Karena tidak semua ilmu itu berasal dari yang ada nash contoh tentang nama menteri yang memindahkan singgasana di zaman nabi Sulaiman tidak disebut namanya di Alqur'an hanya disebut seorang yang mempunyai ilmu dari AI Kitab, malaikat Izrail tidak juga disebut dalam Al quran dan hadits hanya disebut malaikat maut.
Namun nama-nama itu tersirat dalam riwayat-riwayat lain. Apabila Ahad ada dalam tersurat yaitu surat Al Ikhlas karena dzahir maka tersurat beda dengan yang bathin maka tersirat.
Nama bathin Allah ini diturunkan kepada bani Israel lewat nabi-nabi terdahulu maka mereka adalah fadlan alal Alamiin dilebihkan dari sebagian alam tapi karena tidak bisa menjaga amanah dan pembangkang maka mereka pula disebut qiradatan hasyiin kera yang hina.
karena diberikan amanah dan kelebihan malah khianat dan membangkang maka sama seperti kera yang diberikan benda berharga.
Darimana asal nama Allah yang ke 100 yang banyak diburu para penuntut ilmu, karena memang di al quran disebut Allah mempunyai banyak nama 99 nama yang disebut Asmaul Husna, ila miatin artinya kurang satu.
Bila anda tanyakan kepada guru-guru maka jawabannya akan variatif sesuai kadar ilmunya, karena memang nama Allah ke 100 itu ilmu kaji bukan ngaji.
Terus Allah itu nama apa?
Allah adalah nama dzahir dan bathin Rabbulalamiin. Tuhannya orang muslim karena nama Allah tidak dikenal sebelum islam. Bisa kita dapati dari nama para malaikat dan kitab injil yang berbahasa ibrani. Allah disebut el, seperti ucapan populer Yesus ketika mau disalib Ely, Ely lama sabakhtani ( Allahku, Allahku mengapa Kau tinggalkanku) ada juga seperti imanuel ( Allah bersama kita), jibriel, mikael, haleluyah dsb yang El itu adalah simbolik daripada nama Allah.
Maka Tuhannya bani Israil dipanggil Eloh, Elohim ( jamak dari ilah, Allah).
Syema yisrael Elohoinu YAHWEH Eloha EHAD ( Dengarlah bani israil Tuhan kita adalah YAHWEH( YEHOVA) Tuhan Yang Ahad ( Maha Esa).
Bila dalam al quran disebut Qul Huwallahu Ahad.
Berbeda lagi bila di Kalimantan Allah bila dibaca dengan lam tipis itu artinya Hantu, Khususnya oleh Dayak Manyan yang dipercaya salah satu induk tertua dari Dayak di Kalimantan Tengah dengan kerajaan tertua kuno yang ghaib di Indonesia lebih awal daripada Kutai Kertanegara yaitu Kerajaan Nan Marunai yang ghaib lalu dilanjutkan kerajaan Nan Serunai.
Pernah juga saya tulis dalam artikel lain bahwasanya oleh salah satu sepuh Dayak Manyan sahabatku dulu yang ada juga ilmu-ilmu dari beliau saya postingkan.
Beliau beragama Kaharingan ( Kejawen bila di jawa, masuk ke dalam agama hindu, hindu kaharingan). Walau sebenarnya kaharingan dengan hindu berbeda, Kaharingan kepercayaan kuno sebelum agama resmi ada di Indonesia.
" Orang islam bila menyebut nama Allah itu masuk ke dalam yaitu Alloh berbeda dengan kristen yang hanya di luar. Maka tidak heran bila orang-orang kaharingan memilih agama Islam bila mereka pindah keyakinan bukan kristen."
Bahkan oleh orang tua tetanggaku yang Kaharingan disebut agama dulu di Kalimantan hanya dua Kaharingan dan Islam sedangkan kristen dibawa oleh bangsa penjajah.
Orang tua perempuan yang hobi memancing itu pun bertutur saya sebenarnya mengakui kebenaran islam hanya saja karena sudah tua jadi biarlah tetap dalam keyakinan awal.
Namun anak dan cucu beliau banyak yang jadi muslim. Mohon maaf tulisan ini bukan menyerang SARA tertentu tapi sekedar pengalaman nyata penulis dan pendapat pribadi sumber yang disebut.
karena saya banyak bergaul dengan orang-orang kaharingan mereka percaya nabi-nabi bukan dewa. Bahkan dalam khazanah mistik mereka juga memakai basmallah lebih dari itu basmallah tua pun mereka memakai dalam keadaan khusus. Kaji basmallah tua pun separuhnya bersumber dari mereka selebihnya kaji hakikat.
Basmallah tua dipakai mereka untuk mensyariat orang yang sedang sakit, dalam khazanah ilmu dll.

Saya tidak memperkenankan ilmu ini disebarkan lagi tanpa seijinku dan bila melanggar maka saya kembalikan kepada anda.
Berawal Manusia itu ditajallikan dari Adam dengan empat anasir yaitu : Di, Waddi, Mani, Manikam
Dalam proses mentajalikan Jasad manusia yang menanggung Rahasia Allah semuanya terkandung di dalam kalimat basmallah.
Yang membicarakan segala aspek kejadian manusia, kaitannya adalah dengan DZATULHAQ.
Basmallah tua berhubungan dengan kaji makrifat hakikat Semar dan membuang raja syetan dalam diri.... dst... saya tulis di artikel khusus yang minat dengan ilmu basmallah tua ini.
Demikian yang dapat saya tulis mohon maaf bila kesalahan dan kekhilafan diri semoga ada manfaatnya. Wallahu A'lam. Makasi dan salam.

NB Untuk info lebih lanjut dan konsultasi hubungi telp/ sms / Line 085753960096 atau 085388881757
Pin 517DB919

1 comment:

Qobiltu said...

Qobiltu terima kasih banyak.