Thursday, October 13, 2016

BAWANG DAYAK DAN TUMBUHAN PELARIS DARI BUMI KALIMANTAN TENGAH

BAWANG DAYAK DAN TUMBUHAN PELARIS DARI BUMI KALIMANTAN TENGAH

Assalamu alaikum

Salam hormat untuk guru khill, bang Ghea Lubiz dan semua pemosting juga seluruh anggota serta pengunjung blog yang saya kagumi. Karena tanpa kalian forum ini bukanlah apa-apa dan ada rasa bangga bila bisa menjadi
ajang silaturrahim bagi kita dari sabang sampai merauke bahkan luar negeri.
Semoga semua diberi kelimpahan rezeki dan kesehatan sehingga tetap dapat tersenyum menikmati hari-hari indahnya, Aamiin.
Saya mau tuliskan tentang salah satu khazanah kekayaan alam yang bisa menjadi alternatif obat tradisional selain yang pernah kutulis yaitu 41 macam akar tumbuhan hutan Kalimantan. Maka yang yang saya tuliskan ini adalah dari tumbuhan yang sukup familiar dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu bawang, namun bukan bawang sembarang tapi bawang Dayak dari berbagai sumber di lapangan maupun media lain.
Untuk referensi bisa anda baca dalam Buku Tanaman Obat Indonesia disebutkan bahwa kandungan Bawang Tiwai ini meliputi :Polifenol, Tanin, Alkaloid, Saponin, Triterpenoid, Stroid, GlIkosida, Fenolik dan Flavonoid (kandungan senyawa lainnya masih dalam penelitian).

Bawang dayak adalah salah satu jenis bawang yang memang berasal dari Kalimantan. Bawang dayak ini sudah terkenal akan manfaatnya. Bawang Dayak adalah tanaman yang memiliki nama latin Eleutherine palmifolia. Bawang Dayak memiliki nama lokal yang beragam seperti Bawang Tiwai, bawang Sabrang, bawang berlian, bawang lubak, teki sebrang atau bawang hantu. Bawang Tiwai merupakan tanaman khas Kalimantan Tengah.
Masyarakat lokal biasa menyebutnya “bawang hutan atau bawang kambe” Ada juga sebagian orang menyebutnya sebagai Bawang Arab. Bawang Sabrang membutuhkan syarat hidup pada ketinggian antara 600 – 2000 m dpl. Sangat cocok bila berada pada lahan yang kaya akan belerang. Bentuk dan warnanya lebih mirip bawang merah lanang.
Tanamannya sendiri memiliki ciri daunnya berbentuk pita sepanjang 15-20 cm, lebar 3-5 cm mirip palem dengan bunga berwarna putih dengan kelopak berjumlah lima. Tanaman ini memiliki warna umbi merah dengan daun hijau berbentuk pita dan bunganya berwarna putih.
Tanaman ini mempunyai banyak jenis dengan bentuk dan jenis yang beragam seperti bawang merah atau bawang putih dan berbagai jenis bawang lainnya. Ciri spesifik tanaman ini adalah umbi tanaman berwarna merah menyala dengan permukaan yang sangat licin. Letak daun berpasangan dengan komposisi daun bersirip ganda. Tipe pertulangan daun sejajar dengan tepi daun licin dan bentuk daun berbentuk pita berbentuk garis.

Tanaman ini sudah secara Empiris dipergunakan masyarakat Dayak sebagai penduduk lokal di Kalimantan yang sudah menggunakan tanaman ini sebagai obat tradisional bahkan sejak lama dipakai masyarakat setempat untuk pengobatan aneka penyakit.
Para ahli berpendapat bahwa antioksidan mampu mereduksi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Penggunaan antioksidan alami saat ini dianggap lebih aman karena antioksidan alami diperoleh dari ekstrak tanaman. Antioksidan alami yang terdapat pada tanaman antara lain kelompok flavonoid berupa senyawa polifenol.  bawang dayak memiliki kelompok flavonoid.
Beberapa penelitian dan pengujian telah dilakukan untuk membuktikan khasiat bawang dayak. Di antaranya oleh Fakultas Farmasi ITB Bandung yang mengkaji pengaruh pengolahan simplisia terhadap kandungan metabolit utama bawang dayak.Kandungan senyawa aktif dalam bawang dayak sangat lengkap sehingga sangat wajar khasiatnya banyak. Senyawa ini meliputi alkaloid, steroid, glikosida, flavonoid, fenolik, tanin, dan saponin. Salah satu dari senyawa ini, yaitu flavonoid dapat berkhasiat sebagai antikanker, antiviral, anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta penangkap radikal bebas.Kekuatan aktivitas antioksidan senyawa flavonoid tergantung pada jumlah dan posisi dari gugus OH dalam molekul flavonoid. Semakin banyak gugus OH, aktivitas antiradikalnya semakin tinggi.
Bawang dayak dapat digunakan langsung secara segar atau dikeringkan. Untuk mendapatkan khasiat maksimal, sebaiknya bawang dayak diperoleh ketika pertumbuhannya mencapai puncak vegetatif, yaitu ketika baru muncul kuncup bunga.
Bagian yang dapat dimanfaatkan pada tanaman ini adalah umbinya.
Naiknya popularitas bawang dayak sangat beralasan karena didukung oleh bukti-bukti akurat yang telah merasakan khasiat dahsyat si umbi ajaib ini.
Selain digunakan sebagai tanaman obat tanaman ini juga dapat digunakan sebagai tanaman hias karena bunganya indah. Bawang tiwai memiliki adaptasi yang baik, dapat tumbuh dalam berbagai tipe iklim dan jenis tanah.
Selain hal tersebut di atas tanaman ini juga dapat diperbanyak dan dipanen dalam waktu yang singkat, sehingga tanaman ini dapat dengan mudah dikembangkan untuk kepentingan industri.

Sedikit Uraian tentang Bawang Dayak untuk khasiatnya

Bawang dayak untuk obat hipertensi dan diabetes
Menurut Prof Dr Sidik Apt (guru besar emiritus Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran) bawang dayak mengandung alisin. Senyawa inilah yang bermanfaat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kekentalan darah.

Kandungan naphtoquinones dalam bawang dayak dikenal sebagai antimikroba, antifungal, antivirial, dan antiparasitik. Selain itu, naphtoquinones memiliki bioaktivitas sebagai antikanker dan antioksidan.

Mencegah Kanker dan Tumor karena bawang yang satu ini tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi juga naphtoquinones yang berperan dalam menghancurkan sel kanker dan tumor dalam tubuh.

Mengobati Sakit Perut
Bawang dayak sudah sangat sering digunakan oleh suku dayak untuk mengobati sakit perut. Gejala sakit perut seperti nyeri, mual, serta gejala sakit perut lainnya.

Mengobati penyakit kuning atau Hepatitis. Mengkonsumsi secara rutin bawang dayak, terbukti dapat mengobati penyakit kuning dan meningkatkan kembali daya tahan tubuh. Tentu agar penyakit ini bisa segera sembuh, dan tidak kembali menyerang tubuh.

Mengobati Flu
Tidak hanya penyakit berat saja yang bisa, penyakit ringan seperti flu, juga bisa ditangani dengan jenis bawang yang satu ini. Bawangdayak mengandung antibakteri, yang sangat berperan dalam membunuh bakteri penyebab penyakit flu.

Mencegah terjadinya infeksi
Infeksi yang disebabkan oleh luka di luar atau dalam tubuh, bisa dicegah dan obati dengan bawang dayak. Bawang dayak bisa digunakan sebagai obat alternative dalam mencegah terjadinya infeksi di tubuh.

Mencegah peradangan yang biasa diderita oleh seseorang yaitu peradangan di bagian tenggorokan, serta bagian usus dan juga lambung.

Mencegah perkembangan bakteri, virus, dan mikroba
Bawang dayak mengandung zat antibakteri, yang sangat berperan dalam mencegah perkembangan virus, bakteri, dan mikroba yang bersarang di tubuh. Sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.


 Saya tuliskan lagi banyak manfaat bawang dayak untuk kesehatan tidak kurang 43 khasiat yang diperoleh manusia jika mengkonsumsi bawang dayak antara lain yaitu:
Khasiat Bawang Dayak dapat membantu penyembuhan berbagai jenis penyakit, 43 jenis itu antara lain yaitu :

1. Amandel
2. Ambeien
3. Asam Urat
4. Asma
5. Bisul
6. Bronkhitis
7. Darah Rendah
8. Diabetes Melitus
9. Epilepsi
10. Gangguan Pencernaan Lambung
11. Gangguan Seksual
12. Ginjal
13. Gondok
14. Hepatitis
15. Hipertensi / Darah Tinggi
16. Insomnia
17. Jantung
18. Kanker Kelenjar Getah Bening
19. Kanker Paru – Paru
20. Kanker Payudara
21. Kanker Rahim
22. Kanker Usus
23. Keputihan
24. Kista
25. Kolesterol
26. Maag
27. Migrain
28. Myom
29. Obat Muntah
30. Pelupa / Menurunnya Fungsi Ingatan
31. Peluruh Kemih
32. Pencahar
33. Prostat
34. Radang Usus
35. Rematik
36. Sakit Kuning
37. Sakit Perut
38. Sakit Pinggang
39. Stamina
40. Stroke
41. TBC
42. Vertigo
43. Vitalitas

Bawang Sabrang dapat dipergunakan dalam bentuk segar, simplisia, manisan dan dalam bentuk bubuk (powder). Potensi bawang dayak sebagai tanaman obat multi fungsi sangat besar sehingga perlu ditingkatkan penggunaanya sebagai bahan obat modern

Pembuatan Minuman Instan Bawang Dayak
Bawang dayak dicuci,
dipotong akar dan daunnya, diiris,
ditambah air dengan perbandingan  1 : 2 b/v (1 kg bawang dayakditambah dengan 2 liter air), diblender,
lalu disaring dengan kain blacu,
dimasak sampai mendidih sambil diaduk-aduk,
ditambahkan gula 1: 1 b/b (1 kg bawang dayak, ditambah 1 kg gula pasir),
aduk terus sampai membentuk kristal (butir-butir halus), lalu dinginkan,
jika ukuran butiran besar, haluskan dengan diblender.

Pembuatan simplisia
Bawang dayak dicuci,
dipotong akar dan daunnya,
diiris dengan ketebalan 1 - 2 mm,
dikeringkan dengan oven pada suhu 500C selama 8 jam, dan didinginkan,
lalu bisa langsung dikemas dengan plastik

Pembuatan manisan
Bawang dayak dicuci, dipotong akar dan daunnya,
diiris dengan ketebalan 1 - 2 mm, kemudian
dikukus selama 5 menit, masukkan dalam larutan gula yang telah dibuat (gula ditambah air, perbandingan 1 :1
dimasak sampai kental sambil diaduk-aduk), masak sambil diaduk-aduk sampai kering, yang ditandai dengan adanya kristal gula.

Pembuatan bubuk
Bawang dayak dicuci, dipotong akar dan daunnya,
diiris dengan ketebalan 1 - 2 mm, kemudian
dikeringkan dengan oven pada suhu 50 derajat C selama 8 jam,
didinginkan, dihaluskan dengan blender,
diayak dan dikemas

Tetapi selain khasiatnya saya tuliskan negatifnya juga yaitu efek samping bawang dayak, namun hanya ada sedikit negatifnya, itu pun biasanya disebabkan cara pengkonsumsian yang salah atau kadang terlalu berlebihan dalam konsumsi sehingga bisa menyebabkan lambung menjadi sakit dan terasa perih. Di luar itu hanya efek yang positif baik untuk kesehatan.
Itulah beberapa manfaat dan efek samping bawang dayak. Efek samping tanaman bawang dayak memang lebih kepada kesehatan tubuh.

TUMBUHAN PELARIS

Karena postinganku yang berjudul MEDIA PELARIS TURUN TEMURUN, OBAT TRADISIONAL UNTUK WANITA MELAHIRKAN DAN PERAWATANNYA JUGA ANTI RACUN DARI BUMI KALIMANTAN TENGAH itu banyak yang salah tafsirkan dikira tumbuhan itu pula yang bisa jadi media pelaris padahal lain tumbuhannya bukan itu tapi saya tuliskan ulang di sini dan satunya dulu pernah saya posting juga tumbuhan pelaris yang juga sukup populer di Kalteng selain yang saya posting sekarang.

Saya mau berbagi lagi bagi yang minat dan menyakini sebuah khazanah mistik dengan media tumbuhan yang juga sudah turun temurun diyakini
masyarakat lokal Kalteng yang mengetahui tentang khazanah ini yaitu tumbuhan pelaris toko, jualan, dll yang sudah terbukti dan turun temurun
dipakai oleh orang dayak dalam ikhtiar mereka mengarungi kehidupan apalagi di zaman yang serba penuh persaingan dan tidak jarang menghalalkan
segala cara untuk sebuah kata kesuksesan sesuai persepsi tentang kata yang menjadi sebuah cita-cita setiap orang.
Saya mengetahui khazanah ini dari orang tua seorang laki-laki lanjut usia dan ditambah keterangan dari para sepuh lainnya. Ketika itu saya
bertamu di rumah beliau yang sederhana namun ada banyak tamu yang jarang pernah sepi rumah ini baik anak muda, orang tua, laki-laki, perempuan
ada saja yang datang. Sehingga menjadi banyak rezeki beliau karena banyaknya tamu yang datang. Namun karena segala sesuatu itu pastilah ada
positif dan negatif, pro dan kontra. Karena dari banyak tamu ini sehingga beliau menjadi buah bibir dan tidak jarang ada gosip negatif apalagi
bila yang datang gadis-gadis. Anak-anak beliau pun ikut mengingatkan beliau sampai akhirnya beliau putuskan untuk tidak lagi memakai media
tumbuhan ini untuk menghindari hal-hal negatif pandangan orang.
Sebenarnya untuk rumah-rumah pribadi tidak dianjurkan karena seperti cerita di atas namun bagi yang punya usaha, toko dll yang berhubungan
malah bisa menjadi sebuah keuntungan materi dan sebagai media pelaris untuk ikhtiar syareat. Tumbuhan ini sengaja saya tidak sebut namanya
dulu yang juga serupa pernah saya posting juga.
Kenapa tumbuhan juga tidak lepas dari pengaruh yang berbau mistik sebut saja kita pasti tidak asing dengan tumbuhan seperti kelor, beringin,
kayu manang dll. Sebagaimana pernah juga saya tulis di artikelku 41 macam akar asli Kalimantan untuk banyak macam penyakit.
Cukuplah untuk yang berminat saja mengetahuinya dan membuktikan apakah benar atau tidaknya media yang diciptakan oleh Allah untuk manusia,
dengan media seperti ini Allah menunjukkan ke Maha AdaanNya dan ke Maha BesaranNYa agar menambah keyakinan manusia kepada Sang Kholik.
Walau pun begitu janganlah menjadikan media sebagai Tuhan kedua tetaplah Allah Tuhan Yang Menjadi ILah seluruh makhluk yang ada di langit dan
di bumi. Media hanyalah sarana sebagai penunjang sebagaimana kita memakai benda untuk memotong rumput maka perlulah kita memakai parang sebagai alat.

Sekian tulisan ini saya sangat menyadari saya jauh dari kesempurnaan maka mohon bukakan pintu maafnya untukku bila ada kesalahan dan kekhilafan semoga bermanfaat. Wallahu A'lam makasi dan salam.

NB. Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi wa, line, sms dan telpon 085753960096/ 085388881757 pin BBM 517DB919

1 comment:

Unknown said...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau