Monday, May 2, 2016

MISTIK SEPUTAR PERIKANAN


MISTIK SEPUTAR PERIKANAN
Assalamu alaikum wr.wb.
moga saudara semua dalam limpahan rahmat allah swt.aamiin.
saya ada sedikit catatan kecil seputar perikanan, saya teringat mumpung di daerah saya lagi musim ngambil ikan larangan.
indonesia negara kepulauan kaya akan sumber daya ikan baik di daerah laut,sungai,danau dll.
disini yg saya coba ceritain n bagikan adalah tata cara biar kita saat menangkap ikan lumayan mencukupi khususnya di sungai atau air tawar baik yg memakai kail,jala,bubu atau alat penangkap ikan lainnya.
memang tata cara ini gk memerlukan mantra atau amalan ilmu ghaib. cukup cari sendiri bahannya, dan nyarinya susah susah gampang tapi klo dapat bisa dipergunakan seumur hidup turun temurun.
bahannya cukup unik n nyeleneh dikit.
1. jika saudara berani n nekat coba ambil tali gantungan atau kain atau lainnya yg di pergunakan orang untuk bunuh diri...terus ambil talinya atau kain gantungannya secukupnya lalu ambil sedikit aja lalu saudara ikatkan atau letakkan pada alat penangkap ikan saudara misal,tombak ikan,bubu,jala,jaring dll.
mudah mudahan hasil tangkapan saudara lain dari yg biasanya...klo tuk pancing saudara ikatkan aja pada jorannya atau pada jala misalnya saudara ikatkan pada tali jalanya.
2. bahannya cukup unik juga.
jika saudara bertemu sama orang atau teman atau saudara lainnya bertemunya dalam satu tempat sebanyak dua kali atau yg paling bagus tiga kali dalam satu tempat dalam satu hari itu juga dan orang tersebut memakai pakaian yang sama alias tidak bertukar pakaiannya dan yang sangat perlu di ingat tanpa ada unsur di sengaja alias kebetulan aja.
misal saudara pergi kesuatu tempat misal ke pasar,warung dll.ketemu ma seseorang sebanyak dua kali atau lebih dalam satu tempat yg sama dalam sehari itu lalu klo saudara ingat langsung minta dengan sopan dan jujur pakaian yang dia pakai walau cuma seikat benangnya aja yg dapat atau boleh minta pakaiannya dengan cara dibeli atau di ganti tentu dengan cara baik baik gk mungkin kan ditengah pasar di tanggalin bajunya hehehehe.....misal saudara kerumahnya klo dia mo kasih.....
klo saudara di kasih baju atau pakainnya lalu kain tersebut saudara potong kecil atau secukupnya lalu saudara ikatkan pada alat penangkap ikan yg saudara pergunakan....sisanya saudara simpan tuk keperluan lain waktu jika saudara memerlukannya, biasanya hasilnya jos abissss...
3. bahan ini agak sulit dapatnya....
tapi klo dapat sangat top markotop karena bisa dipergunakan tuk media pelarisan dagang juga.
yaitu sejenis ulat, klo di daerah saya namanya ULEK RATUS (ulat ratus) ulat ini biasanya merayap di tanah kayak semut dan beriringan ciri utamanya jika disentuh mereka akan menyatu jadi satu jadi kita tinggal mengambilnya....warnya putih kemerahan klo didaerah saya biasanya sering ketemu dibawah penampungan pohon karet yg di sadap biasanya tempat tampungan getahnya dari tempurung kelapa atau baskom kecil dan di letakkan di tanah nah biasanya klo hari penghujan klo saudara angkat tempat penampung karet yg di sadap dibawahnya ada ulat tersebut tapi gk terlalu banyak....
klo dapat bahannya ambil sedikit atau secukupnya lalu saudara letakkan pada alat penagkap ikan tsb. atau saudara bungkus dengan kain lalu saudara rendam dengan air secukupnya terus saudara siram ke alat pengkap ikan tsb.
klo media pelarisan disiramkan pada toko kios saudara.....hasilnya di jamin joss abis....
biasanya klo tali gantungan orang bunuh diri klo dia bunuh dirinya pada pokok pohon....tempat dia bunuh diri tsb atau pohonnya akan mati hehehe.....serem juga.....
biasanya klo untuk memancing ikan ikannya gk mau lepas.....hehehe....
moga bermanfaat n menambah wawasan kita semua mari lestarikan budaya bangsa....
dilain kesempatan kita share cara menjaga ikan larangan,tambak,kolam ikan biar siapa yg mengambil tampa seizin kita perutnya akan membesar di sumatera barat dikenal dengan istilah UDUAH...klo di suku saya mandailing disebut RAHAT atau klo diambil orang ikannya ikannya gk dapat dapat walau gimana caranya....
bahkan sampai sekarang di daerah saya ada lubuk ikan larangan gk bisa di ambil lagi karena yg membuat pagar ghaibnya udah meninggal jadi sekarang jadi objek wisata lagi....
DAMAI INDONESIAKU

1 comment:

Unknown said...

saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m