Saturday, June 22, 2019

Sekilas

Ilmu2 semula jadi redaksi dan literaturnya dari kitab kuno, manuscript, dll. Banyak juga dari berguru langsung .
Beruntung bila anda pernah berguru langsung dgn yg faham atau punya manuscript2 ttgnya. Dijabarkan lagi dgn kaji satu persatu, byk sekali ilmu yg diwariskan dan begitu kaya nusantara dgn warisan kuno baik manuscript, kitab, suluk dll.
Byk suara sumbang di luar sana entah karena ketidaktahuan atau sengaja menjelekkan. Sebab tidak tahu bukan berarti tidak ada kan ? Ilmu Allah luas selama koridornya jelas dan tdk bertentangan dgn dalil naqli dan aqli maka itulah kekayaan intelektual dan spritual. Jadi nilai secara kontekstual bukan tekstual semua ada ilmunya.
Alhamdulillah saya ada byk sekali literasi khazanah baik dari berguru langsung, manuscript kuno, kitab dll. Insya Allah tdk ada yg sia-sia di dunia dan semua ada ilmunya bagi kaum yg berfikir dan membuka mata hatinya. Banyak sekali warisan kuno di nusantara bahkan perdaerah berbeda-beda sesuai khas daerah masing2 misal jawa dan melayu sebagai garis besar budaya. Pasti punya kekurangan dan kelebihan masing2. Jadi lihatlah sesuatu dgn ilmu bukan seperti katak dalam tempayan.
Jangan karena ketidaktahuan kita bahkan maaf keterbatasan dan kebodohan kita, jadi begitu mudah memvonis dan menghakimi ilmu amaliyah org lain yg belum tentu sesempit pikiran kita.
Sedikit coretan pagi untuk memotivasi kita bahwasanya ilmu Allah sangat luasnya dan jangan cepat puas dgn pengetahuan kita apalagi merasa lebih mulia dari orang lain. Sesuai maqam dan kapasitas kita. Wallahu A'lam.

No comments: